f&b

Bisnis Food and Beverage (F&B) adalah bisnis yang berhubungan dengan produk makanan dan minuman, seperti kedai kopi, bakery, fast food, café, food tenant. Atau restoran. Bisnis jenis ini termasuk paling banyak digemari karena makanan dan minuman dianggap sebagai kebutuhan yang tidak pernah terganti. Menariknya, sekarang bisnis F&B berkembang dengan memanfaatkan kreativitas dan inovasi untuk menarik lebih banyak pelanggan dibandingkan competitor.

Karena kompetisi di dunia F&B semakin sulit. Berikut tips agar Anda bisa bertahan dan sukses dalam bisnis F&B.

  1. Target Pasar

Target pasar merupakan hal terpenting dikarenakan Anda harus mengetahui produk yang Anda jual akan laku di pasar yang seperti apa. Hal ini merupakan acuan untuk merancang strategi pasar yang meliput pendapatan, gaya hidup, umur, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Contohnya ketika Anda menargetkan para anak muda di suatu daerah perkuliahan sebagai customer Anda. Maka yang cocok untuk Anda jual adalah makanan dengan harga terjangkau dan tempat yang nyaman untuk kalangan mahasiswa.

  1. Inovasi

Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis F&B, Anda harus dapat bertahan agar tidak mengalami kerugian. Inovasi merupakan salah satu yang penting karena dengan adanya inovasi, customer Anda tidak merasa bosan dengan produk yang monoton. Anda bisa menyesuaikan inovasi dengan target pasar yang Anda targetkan, inovasi tersebut meliputi rasa, tampilan atau bentuk, kreasi dalam cara pembuatan, serta cara penyajian.

  1. Supplier

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat suatu makanan sangat mempengaruhi rasa makanan. Tentu, kita harus mengetahui bahan dasar apa saja yang cocok dan mencari pihak yang menjualnya. Dengan adanya bantuan dari pihak supplier, maka kualitas bahan dasar makanan Anda akan terjamin. Mencari pihak penjual pun harus berhati-hati agar kedepannya tidak ada masalah yang tidak terduga, seperti kualitas untuk ke depan tidak sebaik awalnya.

  1. Pengetahuan dan Keahlian

Menjadi salah satu pengusaha dalam bisnis kuliner, itu artinya Anda harus memiliki pengetahuan serta keahlian di bidang kuliner. Karena dari pengetahuan dan keahlian inilah yang akan membuat pengusaha mengembangkan ide-ide serta inovasi baru. Sehingga menjadi menu makanan dan minuman yang Anda sajikan menjadi beda dari yang lainnya.

  1. Reputasi

Bisnis F&B ada yang sanggup bertahan lama, ada juga yang hanya bertahan sebentar. Bagi mereka yang mampu memberikan dan menjaga reputasi positif di mata konsumen tentulah akan bertahan lama. Anda perlu meningkatkan kebersihan makanan, tempat, hingga rasa menu masakan serta pelayanan dengan standar operasi yang ketat.

  1. Pengaturan Keuangan yang Tepat dan Sesuai

Laporan penjualan dan pembelian juga menjadi salah satu yang penting karena ini menyangkut hidup dan matinya sebuah bisnis. Anda harus mengatur pembukuan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam penghitungan keuntungan. Dengan adanya pembukuan akuntansi atau software yang akan membantu Anda agar lebih mudah mungkin menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk bisnis Anda.

  1. Gunakan Teknologi

Bisnis yang bergerak dalam bidang apapun, Food and Beverage sekalipun akan memerlukan kecanggihan teknologi sebagai solusi kemudahan dan peningkatan keuntungan. Kemudahan pengelolaan manajemen, pembukuan  manajemen asset dan inventori, pengecekan stok kadaluwarsa, serta hutang piutang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan PROKA.ID

PROKA memanfaatkan Cloud Base Lite Speed yang membuat Anda dapat mengendalikan semua aktivitas bisnis dalam satu genggaman, kapan pun Anda mau 24/7.

Coba gratis PROKA ID di sini sekarang.