Membuat Keputusan

Membuat keputusan apalagi untuk hal yang besar bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi jika keputusan yang Anda ambil berhubungan dengan bisnis Anda yang nantinya akan berdampak pada orang banyak. Ketika Anda salah langkah dalam memutuskan, maka ada risiko tinggi yang harus ditanggung, dan jika hasilnya buruk pastilah menimbulkan penyesalan.

Bagaimana pun juga, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak bisa selalu mengikuti ucapan orang lain. Sesekali, Anda harus berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Lantas, bagaimana cara membuat sebuah putusan yang tepat untuk meminimalisir dampak buruk yang mungkin muncul? Berikut 8 tips mengambil keputusan yang tepat untuk Anda :

  1. Pahami Konteks Masalahnya

Agar Anda bisa memutuskan dengan tepat, pertama kali Anda harus mampu memahami konteks masalahnya terlebih dahulu.

Apabila Anda sudah benar-benar memahami dampak positif dan negatif serta berbagai risiko yang mungkin terjadi dari perkara yang Anda hadapi, maka segeralah membuat putusan. Jangan menunggu terlalu lama, sebab itu membuang-buang waktu dan yang pasti merugikan bagi Anda.

  1. Luangkan Waktu untuk Berpikir, Jangan Gegabah

Pengambilan putusan secara gegabah tidak akan pernah menguntungkan Anda. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda selalu meluangkan waktu untuk berpikir.

Namun, pastikan Anda tidak mengulur waktu terlalu lama. Semakin lama Anda berpikir itu semakin membuat Anda takut melangkah. Sehingga pada akhirnya Anda tidak segera bertindak karena Anda terus menunda-nunda dan tidak ada perkembangan sama sekali.

  1. Meminta Saran dari Orang yang Berpengalaman.

Jika Anda dilanda kebingungan menghadapi masalah yang datang bertubi-tubi, atau mungkin tidak berani mengambil keputusan, maka tak ada salahnya Anda meminta bantuan kepada orang yang berpengalaman.

Cara ini dapat dikatakan efektif, karena setiap orang memiliki sudut pandang masing-masing dalam menghadapi perkara. Jika Anda ingin mendengarkan sudut pandang dari banyak orang, hal tersebut dapat memperluas wawasan Anda. Pastinya juga mempermudah Anda dalam mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab.

  1. Ambil Keputusan dengan Kepala Dingin

Untuk mengambil keputusan, Anda tidak bisa melakukannya secara emosional. Karena Anda harus berada dalam kondisi tenang sehingga dapat berpikir secara logis.

Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari memutuskan sesuatu ketika sedang marah atau sedih, karena hal tersebut akan membuat keputusan Anda tidak rasional. Penting bagi Anda untuk mengambil keputusan dengan kepala dingin. Mengambil keputusan yang didasari ego semata-mata hanya akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

  1. Pertimbangkan Risiko dan Keuntungannya

Hal lain yang perlu  Anda perhatikan saat mengambil keputusan ialah risiko dan keuntungan dari keputusan yang Anda ambil.

Pikirkan jika Anda mengambil keputusan tersebut, kira-kira berapa persen kah risikonya dan berapa persen keuntungannya. Cobalah perkirakan lebih besar mana persentase di antara keduanya. Apabila keuntungan lebih dominan daripada risiko, maka segeralah mengambil keputusan.

  1. Jangan Takut dengan Kritik Orang Lain.

Tidak ada keputusan yang 100% sempurna di dunia ini, maka ketika Anda memutuskan sesuatu, di saat itu Anda hanya harus siap menerima risiko saja, tetapi juga harus berani menghadapi kritikan dari orang lain.

Anda jangan mudah goyah dengan complain-komplain dari orang di sekitar Aanda. Bila Anda yakin keputusan itu adalah keputusan terbaik, maka berpegang teguhlah dan jangan ragu untuk terus melangkah.

Namun bukan berarti Anda tidak boleh mendengarkan saran dari orang lain, seperti point nomor tiga, meminta saran dari berbagai pihak bagus untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. Tapi jika Anda terlalu banyak mendengarkan apa kata orang, Anda akan menjadi ragu pada diri sendiri. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki prinsip sendiri yang kuat sebagai pedoman dalam mengambil keputusan.

  1. Coba Ubah Pandangan Menjadi Orang Lain

Saat putusan yang Anda buat sudah semakin menjurus pada satu hal, maka yang perlu dilakukan yaitu mengevaluasinya kembali. Cek kembali apakah keputusan ini telah menjawab permasalahan yang sedang Anda hadapi. Ketika Anda dapat memosisikan diri sebagai orang lain, maka kecenderungan orang untuk membuat pilihan yang kurang bijak akan berkurang.

  1. Mengumpulkan Fakta Sebanyak-banyaknya

Anda tidak bisa memutuskan sesuatu hanya karena mengandalkan informasi dari satu pihak saja, Meski Anda memiliki banyak waktu dan berada dalam kondisi fokus tetapi jika Informasi yang Anda miliki sebagai dasar sebelum mengambil keputusan hanya sedikit, maka percuma.

Apalagi ternyata informasi yang Anda miliki hanya sebatas pendapat atau opini perorangan tanpa didukung fakta yang jauh lebih kuat. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan sesuatu, ada baiknya untuk mengumpulkan semua fakta dan informasi yang berkaitan dengan keputusan yang Anda buat.

Mengandalkan kelengkapan informasi yang sudah bisa dipastikan kebenarannya akan membantu Anda mengurangi ketidakpastian dalam sebuah pilihan terbaik dari yang baik.

Dengan menggunakan PROKA.ID, Anda dapat mendapatkan informasi secara real tentang kegiatan bisnis  Anda dari laporan keuangan, Laporan stok, laporan penjualan, hutang dan piutang sampai laporan laba rugi semuanya ditampilkan dalam format simple dan akurat sehingga Anda dengan mudah dapat memahami kondisi bisnis setiap saat.

Tunggu apalagi??

Coba gratis PROKA.ID di sini dan jadilah Decision Marker handal yang memutuskan sesuatu berdasarkan data real time.