Membangun bisnis

Memulai bisnis memang harus memberikan keuntungan yang sangat besar. Tetapi dalam mencapai hal tersebut diperlukan usaha yang juga besar. Seperti yang diketahui oleh kita semua, beberapa pebisnis yang sudah besar saat ini selalu memulai usaha dari tempat yang kecil dan juga modal yang ala kadarnya. Bahkan sebagian besar dari mereka memulainya dari nol. Walaupun memang terdapat beberapa risiko yang akan dihadapi pada awal mula membangun bisnis, tapi, dengan usaha keras, seluruh hal tersebut akan terbayarkan dengan usaha yang terus berkembang dan mampu memberikan keuntungan yang terus menerus meningkat.

Berikut tips bagi Anda yang ingin membangun bisnis yang sukses dari nol:

  1. Tentukan Produk

Sebelum membangun bisnis Anda, cobalah untuk menentukan terlebih dahulu produk ataupun bisnis yang ingin Anda jual kepada konsumen. Anda bisa menentukannya terlebih dahulu dengan melakukan berbagai riset. Agar terlihat menonjol dan berbeda dengan merk yang lainnya, Anda bisa menjual barang yang bermanfaat ataupun unik.

Selain itu, Anda juga bisa menjual sesuatu yang memang Anda suka atau mempunyai passion di dalamnya. Karena, setelah Anda menyukai hal tersebut, maka Anda akan lebih bersemangat dan bersedia menghadapi berbagai rintangan agar bisa lebih cepat mendapatkan kesuksesan.

  1. Susun Rencana dan Visi Misi

Setelah berhasil menentukan produk yang ingin dijual, selanjutnya persiapkan rencana yang matang, serta visi dan misi dari bisnis Anda secara jelas. Ketiga hal tersebut adalah salah satu kunci sukses besar dalam berbisnis. Dengan menentukan ketiga hal ini, maka Anda akan memiliki gambaran dan tujuan yang jelas terkait apa yang ingin Anda peroleh, seperti target pasar, strategi pemasaran, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga akan lebih bisa melangkah sesuai dengan jalur yang sudah Anda terapkan dan selalu fokus.  Rencana, visi, dan misi yang jelas juga akan lebih mempermudah Anda dalam menarik investor ataupun melakukan kerjasama dengan partner bisnis Anda agar selanjutnya bisa dikembangkan lagi.

  1. Mempelajari Pasar

Untuk memulai suatu usaha dari nol Anda perlu melakukan riset pasar yang sangat komprehensif. Selama meriset pasar, Anda juga harus mempelajari dinamika yang terjadi di dalamnya, mulai dari kompetitor, siapa, dan karakteristik dari target pasar Anda.

Anda pun bisa menemukan celah kecil yang nantinya bisa Anda manfaatkan. Memulai berbagai usaha tanpa memahami pasar sama saja dengan Anda menyimpan bom waktu di dalam usaha yang Anda bangun. Walaupun tidak akan meledak sekarang, namun usaha yang Anda rintis dari nol bisa saja runtuh sewaktu-waktu.

  1. Siapkan Modal

Bila Anda memiliki kesulitan dalam menyimpan modal, Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan dari rumah atau menggunakan media sosial yang gratis untuk memperlancar kegiatan promosi Anda.

Catat dan juga hitunglah secara detail terkait apa saja yang Anda perlukan untuk berbisnis. Siasati juga berbagai biaya yang Anda perlukan agar bisa lebih hemat. Misalnya bila Anda memerlukan sebuah tempat usaha, pilihlah tempat usaha yang minimalis namun strategis. Dengan begitu Anda dapat menghemat pengeluaran karena belum tentu dengan menyewa tempat usaha yang besar dapat menguntungkan bagi Anda. Hal tersebut juga berlaku dalam memilih bahan baku. Jangan ragu untuk mengelilingi berbagai tempat untuk bisa memperoleh bahan baku yang lebih murah dengan kualitas terbaik.

  1. Tingkatkan Kualitas Produk atau Jasa Anda

Setelah melakukan evaluasi, maka gunakanlah hasilnya untuk meningkatkan kualitas produk. Jangan ragu untuk terus melakukan inovasi baru dalam membuat produk yang lebih baik, karena tidak akan ada perusahaan yang merasa puas pada satu produk atau jasa layanan saja.

Bila Anda ragu dan tidak mau untuk meningkatkan kualitas produk, maka seluruh usaha yang sudah Anda mulai dari nol akan sia-sia.

  1. Memiliki Layanan Pelanggan yang Baik

Saat awal membangun bisnis, pasti Anda akan menemukan berbagai kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut mungkin akan menghasilkan komplain dari para konsumen Anda. Untuk itu, Anda harus bisa memiliki layanan pelanggan yang ramah, informatif, dan juga solutif.

Fungsinya adalah agar saat ada pelanggan yang mengajukan komplain, Anda bisa memberikan solusi yang sama-sama menguntungkan. Sehingga, pelanggan tidak akan kecewa.

  1. Scale up Bisnis Anda

Memulai suatu usaha dari nol memang suatu prestasi yang sangat membanggakan. Tapi, prestasi Anda tidak bisa berhenti sampai titik itu saja. Agar bisa menjalankan usaha yang sukses, maka Anda harus melakukan scale up pada bisnis Anda. Anda harus bisa meningkatkan dan juga memperbesar usaha Anda agar nantinya semakin mempunyai daya tarik yang kuat di pasar.

Contohnya, bila Anda membuka satu toko busana di satu lokasi. Tentunya Anda tidak selamanya mengandalkan satu toko itu aja. Bukalah cabang ataupun lokasi lain, baik itu dengan skema franchise atau dengan cara lainnya.

Scale Up Bisnis Anda bersama PROKA.ID. Pprogram kasir dengan segudang manfaat guna mengembangkan bisnis menjadi lebih sukses dengan cara efektif dan efisien. Kelola semua cabang usaha dalam 1 aplikasi saja, PROKA.ID menjamin Anda dapat memantau seluruh penjualan, hutang/piutang, stok kritis dan stok kadaluarsa dari semua outlet yang Anda miliki.

Dengan teknologi Cloud Base Lite Speed, Anda bisa dengan mudah melakukan semua aktivitas operasional sehari-hari secara real time dan kecepatan akses yang mengagumkan.

Tunggu apalagi? Coba gratis PROKA ID di sini dan bangun bisnis Anda secara efektif dan efisien.