Bisnis

Pebisnis sukses dengan segudang keuntungan dari bisnis yang dijalankan mungkin menjadi impian kebanyakan orang. Namun, nyatanya hanya beberapa orang yang benar-benar mau berjuang menghadapi rintangan, jatuh bangun hingga akhirnya mencapai kesuksesan.

Jangankan melewati rintangan, kadang belum memulai usaha pun banyak orang yang takut menjajalnya karena berbagai alasan, seperti khawatir mengalami rugi, minim modal, dan beberapa alasan kompleks lainnya. Padahal pebisnis sukses adalah mereka yang memiliki mental sekuat baja, mau belajar, penuh tekad, dan terus bekerja keras.

Untuk memulai suatu bisnis, memerlukan proses yang panjang. Setelah ide usaha ditentukan, apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis kecil?

Berikut 7 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis agar tak bangkrut di tengah jalan.

  1. Produk Punya Nilai Jual

Pastikan produk yang akan Anda jual memiliki daya jual, dan sudah banyak orang yang mengenal sehingga mereka mau membeli produk Anda. Jika Anda hanya menjual produk yang mengikuti trend saja, tentu produk tersebut hanya bertahan sebentar, karena seiring berjalannya waktu akan banyak muncul tren tren baru dan pastinya akan menyulitkan Anda untuk menyesuaikan diri.

Bisnis seharusnya panjang usinya, ibarat kebutuhan di mana orang akan terus membeli produk. Intinya, produk Anda harus unggul baik dari kemasan, desain, dan logo. Pastikan juga produk harus sesuai dengan target market. Siapa yang akan membeli produk Anda, seperti apa karakter mereka, semua harus Anda tentukan sehingga masyarakat dapat menerima produk dengan baik.

  1. Modal

Salah satu hal yang sering mengganjal saat ingin membuka usaha adalah modal. Tidak semua pebisnis memiliki modal pribadi yang cukup besar untuk memulai usahanya. Ssebisa mungkin, mulailah melakukan riset tentang peminjaman dana, calon investor, dan cari tahu tentang pilihan dana hibah bisnis yang tersedia untuk usaha  Anda.

  1. Kemasan

Kemasan menentukan pembelian, tidak hanya bagus, cocok, menarik, eye catching, tetapi juga harus baik dari sisi kesehatan, terutama jika produk yang Anda jual adalah makanan dan minuman.

Kadang, seseoramg tidak memikirkan kemasan dan membuatnya sembarang. Padahal, jika salah membuat kemasan akan berisiko customer Anda tidak akan membeli lagi. Pilih bentuk kemasan yang fungsional, serta warna dan logo yang sesuai. Sementara jika Anda berjualan busana, Anda akan lebih mementingkan desain. Jadi Anda harus membuat foto yang menarik agar customer Anda mau membeli.

  1. Harga

Harga harus sesuai dengan barangnya. Jangan sampai Anda menjual produk terlalu murah sehingga membuat customer Anda curiga dan meragukan kualitas, namun jangan juga terlalu mahal karena pastinya membuat orang lain malas membeli.

Alangkah baiknya sebelum menentukan harga, lakukan riset ke berbagai toko yang menjual item serupa. Harga yang bersaing dan terbaik pasti banyak mengundang pembeli.

  1. Lokasi

Jika Anda menyewa tempat di pusat perbelanjaan, tentunya harga sewanya akan lebih mahal karena butuh perlengkapan untuk memajang berbagai produk Anda, misalnya etalase. Berbeda ketika Anda memilih untuk berjualan online yang tidak butuh banyak tempat dan mengurangi biaya sewa.

Namun, pastikan Anda memiliki tempat memajang produk meskipun tidak luas, agar orang yang ingin membeli semakin percaya dengan produk yang Anda jual.

  1. Izin Usaha

Terdapat beberapa sertifikasi dan dokumen legal yang perlu Anda urus untuk menjalankan bisnis secara sah. Setelah melakukan dokumentasi dasar untuk mendaftarkan bisnis Anda, Anda juga perlu memperoleh izin spesifik industri dan lokasi. Jangan sampai nantinya usaha Anda terkena razia dan dikenakan denda hukum.

  1. Rencana Bisnis yang Matang

Rencana bisnis Anda adalah petunjuk jalan kesuksesan bisnis Anda. Perencanaan ini menunjukkan bagaimana rencana Anda untuk mendapatkan keuntungan dan garus besar rencana tim Anda unutk menarik perhatian calon investor. Rencana bisnis juga merupakan hal yang harus dilakukan dengan matang bila Anda sedang dalam tahap pencarian dana dari investor. Bagaimana cara membuat rencana bisnis akan tergantung industry yang ingin Anda jalankan.

Anda mungkin menyadari bahwa setelah menjalankan usaha nantinya akan ada lebih banyak aspek dan masalah yang harus Anda urus. Namun dengan mengetahui dan mempersiapkan ketujuh hal di atas secara matang, Anda akan memiliki dasar yang kokoh untuk mengembangkan bisnis Anda.

Kembangkan bisnis Anda bersama PROKA.ID! Proka adalah aplikasi kasir yang memungkinkan Anda untuk melakukan segala aktivitas bisnis dalam satu genggaman tangan karena Aplikasi ini dilengkapi dengan cloud base lite speed.

Dengan berbagai fitur yang Proka miliki, Anda dapat memantau segala aktivitas sehari-hari bisnis Anda. Mulai dari memantau transaksi, hutang/piutang, stok kritis, bahkan sampai stok kadaluwarsa dari setiap outlet yang ada secara real time.

Coba gratis Proka di sini dan rasakan kemudahan mengontrol semua aktivitas bisnis Anda, anti ribet!