Perbedaan Menabung dan Investasi

Salah satu permasalahan keuangan yang seringkali menjadi perbincangan di kalangan masyarakat ialah mereka beranggapan bahwa menabung dan investasi adalah 2 hal yang sama. Padahal anggapan tersebut adalah keliru alias tidak benar, sebab keduanya memiliki artian yang berbeda.

Menabung yang masyarakat lakukan biasanya adalah dengan menyisihkan uang dan mengumpulkannya sehingga jumlahnya terus bertambah. Uang tersebut akan mereka simpan dalam celengan, tabungan di bank, tabungan bersama pada sebuah komunitas (arisan), dan berbagai macam cara yang lain. Tabungan memiliki pertumbuhan nilai yang lambat, namun memiliki risiko rendah, sehingga tidak heran banyak masyarakat untuk menabung daripada berinventasi.

Sementara Inventasi merupakan penanaman dana dengan tujuan memperoleh timbal hasil di masa mendatang. Jika kita menyadari bahwa kebutuhan masa depan akan lebih besar, jelas kita akan melakukan perencanaan (investasi) guna memenuhi kebutuhan tersebut. Selain karena kebutuhan masa depan, seseorang melakukan investasi biasanya karena banyak ketidakpastian atau hal yang tidak terduga dalam hidup, seperti keterbatasan dana, kondisi kesehatan, musibah, kondisi pasar modal, dan laju flasi yang tinggi.

Baik menabung maupun berinvestasi pastinya memiliki fungsi, risiko, dan keuntungan masing-masing. Berikut 5 perbedaan menabung dan berinventasi yang perlu Anda ketahui.

1. Tujuan

Tujuan menabung biasanya untuk mengatur keuangan jangka pendek atau ketika keadaan mendesak. Misalnya untuk biaya kehidupan sehari-hari, belanja bulanan, dan sebagainya. Perputaran uang dalam tabungan bersifat lebih cepat daripada investasi. Maka menabung bisa dikategorikan sebagai simpanan jangka pendek.

Sementara tujuan investasi sendiri adalah keuntungan jangka panjang. Oleh karena itu, saat Anda berniat untuk berinvestasi, Anda sudah harus mengetahui bahwa keuntungan yang akan Anda dapatkan tidak bisa langsung Anda rasakan. Sebagai bentuk simpanan jangka panjang, investasi biasanya memiliki periode tertentu. Misalnya dalam jangka 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, bahkan lebih.

2. Objeknya

Perbedaan menabung dan investasi yang kedua adalah objek. Objek menabung adalah uang. Sementara investasi memiliki objek yang beragam. Misalnya emas, properti, saham, obligasi, valas, dan masih banyak lainnya. Objek disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter Anda sebagai investor.

3. Akses Penggunaannya

Menabung memiliki sifat yang lentur, akses penggunaannya pun relatif sangat mudah sehingga orang bisa leluasa menggunakannya atau menariknya apabila ada keperluan. Sebaliknya dengan investasi yang tidak memiliki sifat lentur karena memiliki periode yang telah ditentukan. Maka akan sulit menggunakannya. Namun, bila dilihat dari jenis investasi yang dipilih, emas adalah jenis investasi yang lebih mudah digunakan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

4. Tingkatan Risiko

Tingkatan risiko investasi jauh lebih tinggi dibandingkan menabung karena rentan dengan investasi bodong dengan iming-iming imbal hasil yang fantastis dalam waktu singkat. Maka dari itu Anda perlu berhati-hati.

5. Sumber Keuntungan

Jika menabung di celengan tentunya tidak akan mendapatkan keuntungan lebih, tetapi jika melakukannya di bank akan mendapatkan keuntungan berupa bunga. Sementara sumber keuntungan pada investasi adalah imbas hasil (Return).

Itulah 5 perbedaan antara menabung dan berinvestasi. Menabung berbeda dengan berinvestasi, kedua jenis penyimpanan uang ini memiliki kelebihan serta kelemahannya masing-masing, semua tergantung dari tujuan Anda dalam menyimpan uang.

Anda bisa berinvestasi pada bisnis Anda dengan menggunakan PROKA.ID!! Proka adalah program kasir pilihan yang profesional dengan dukungan berbagai fitur yang dapat menopang usaha UKM di Indonesia, di antaranta adalah dashboard control untuk owner, Produksi bagi Home Industry, Bakery, dan lain-lain, Fitur Manajemen Karyawan meliputi absensi, gaji, dan shift, Laporan keuangan, serta Aplikasi Booking bagi usaha salon, restoran, barber shop, car wash, dan konsultan.

Anda tidak perlu khawatir tentang biaya berlangganan, Anda bisa memilih paket menyesuaikan kebutuhan Anda. Jadikan bisnis Anda ladang investasi jangka panjang yang akan menguntungkan Anda di masa depan bersama PROKA.ID di sini.